Find Us OIn Facebook

Pernahkah kamu meninggalkan HP Android kamu di suatu tempat trus kamu lupa dan tidak bisa menemukannya lagi?

Kehilangan HP baik karena kececeran di jalan,  kelupaan, ataupun dicuri dapat menyebabkan sedih dan frustrasi. Bagaimana tidak, selain kehilangan Handphone kesayangan dan mahal, kamu juga kehilangan banyak data pribadi, photo, kontak maupun file-file penting bersamaan dengan itu.

Ada beberapa cara agar kamu dapat menemukan smartphone yang hilang atau dicuri. Kamu akan dengan mudah menemukan lokasi dimana handphone kamu yang hilang secara akurat. Kamu bisa mendeteksinya dari mana saja dan kapan saja dengan syarat lokasi tempat kamu melacak dan lokasi handphone yang kamu lacak sama-sama terkoneksi ke internet. Tidak hanya sekedar melacak saja, kamu juga bisa mengunci handphone kamu dari jarak jauh dengan ini sehingga HP kamu tidak bisa diakses dan diotak-atik oleh orang lain.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk melacak keberadaan HP kamu yang hilang menggunakan tool atau aplikasi Find My Device.

1. Cara Menemukan HP Android Hilang Menggunakan Komputer

Find My Device adalah sebuah tool resmi milik Google yang  mudah digunakan untuk melacak ponsel atau Smarphone yang hilang. kamu tidak perlu memasang aplikasi apapun untuk dapat melacak perangkat kamu menggunakan tool ini. Satu-satunya persyaratan adalah HP Android kamu terhubung ke akun Google Kamu, HP dalam keadaan aktif dan terhubung ke internet.

Kamu hanya perlu  mengunjungi situs Find My Device dengan browser chrome yang ada pada komputer atau laptop kamu dan kemudian login menggunakan akun yang sama dengan akun yang kamu gunakan pada Smartphone kamu yang hilang. Setelah situs dimuat, secara otomatis akan mencoba melacak ponsel kamu. Namun jika ada beberapa perangkat yang muncul di list maka kamu pilih saja salah satunya, yaitu jenis yang sama dengan handphone kamu yang hilang.


Dan jika saat ini HP android kamu yang hilang sedang dalam keadaan aktif, terhubung dengan jaringan internet, layanan lokasi dan GPS dalam keadaan aktif serta akun yang sama sedang dalam keadaan login di smartphone kamu yang hilang, maka seharusnya saat ini kamu sudah berhasil melacak keberadaan HP android kamu.

Tidak hanya itu, tool Find My Device juga dapat kamu gunakan untuk mengunci handphone kamu, membunyikan alarm serta menghapus data dari jauh. Jadi setelah kamu terhubung ke HP kamu yang hilang dengan tool ini kamu selanjutnya harus menggunakan fitur "Kunci" untuk mengunci SmarPhone kamu sehingga hp kamu tidak bisa di otak-atik orang lain. Selanjutnya jika kamu sudah menemukan lokasi dan berada dekat dari lokasi yang ditunjukkan pada peta "find my device", kamu perlu menggunakan fitur "Putar Suara" agar Smartphone kamu secara otomatis akan membunyikan alarm meskipun smartphone tersebut dalam keadaan silent atau diam. Suara dering yang akan keluar dari smartphone kamu yang hilang juga akan sangat keras sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan dimana tepatnya keberadaan smartphone kamu yang hilang. Selain itu kamu juga bisa menggunakan fitur "Hapus" untuk menghapus secara permanen semua data yang ada pada HP Android kamu yang hilang untuk keamanan privasi kamu.

Itulah cara menemukan HP Android hilang menggunakan browser pada komputer. Adapun kelemahan dari cara ini adalah kamu tidak dengan mudah bisa melacak sekaligus menuju lokasi keberadaan HP android kamu yang hilang sebab kamu tidak mungkin membawa komputer kamu keluar rumah, dan jika menggunakan laptop pun kamu akan agak sedikit direpotkan dengan ukurannya. Dan solusi untuk masalah ini adalah kamu bisa menggunakan Aplikas Find My Device dengan menginstall aplikasi ini pada HP android kamu yang lainnya.

2. Cara Menemukan HP Android Hilang Menggunakan aplikasi Smartphone

Cara Menemukan HP Android Hilang Menggunakan aplikasi Smartphone adalah relatif sama dengan cara menemukan HP android hilang menggunakan komputer/laptop, bedanya adalah jika dengan komputer/laptop kamu hanya perlu menggunakan browser sedangkan dengan smartphone/android kamu harus menginstall aplikasi find my device. 


Caranya : Download aplikasi Find My Device pada playstore dan install di smartphone kamu. Setelah selesai selanjutnya login menggunakan akun yang sama dengan akun yang kamu gunakan pada HP android kamu yang hilang, pilih hp yang akan kamu lacak jika kamu menggunakan akun yang sama lebih dari satu HP android dan selanjutnya kamu akan menemukan lokasi keberadaan Handphone kamu yang hilang dan kamu bisa dengan segera menuju lokasi tersebut sambil terus memonitor aplikasi ini. Dengan aplikasi ini kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan pelacakan dengan menggunakan komputer/laptop yaitu, mengunci, menghapus data ataupun membunyikan alarm.

Nah bagaimana, mudah bukan??

Itu saja postingan saya kali ini tentang Cara Menemukan HP Android Hilang.

Semoga Bermanfaat

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama